Minggu, 12 Desember 2010

ORIENTASI CPNS D-III KE BAWAH BP SDM PERHUBUNGAN TAHUN 2010

Setelah mengikuti test CPNS Kemenhub Tahun 2010 pada hari Kamis, 4 November 2010, baru kami mendapatkan pengumuman lulus test pada hari Sabtu dini hari jam 01.00 WIB. Setelah itu melengkapi pemberkasan yang harus dikumpul pada hari Selasa, 30 Nopember 2010 di Aula Kementerian Perhubungan Lt. 7. Berita untuk pelaksanaan Orientasi baru saya dapat dari atasan saya di kantor pada hari Senin, 29 Nopember 2010, dan Orientasi tersebut akan dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 2 Desember 2010.

Kamis, 2 Desember 2010
Pagi jam 07.00 berkumpul di Aula Sekretariat Badan Pengembangan SDM Perhubungan. Pembagian bus berdasarkan urutan abjad nama CPNS. Saya mendapat kan bus 7 yang kecil berwarna hijau. Perjalanan menuju Cikole, Lembang, DODIK (Depo Pendidikan) BELA NEGARA, Rindam III Siliwangi Bandung. Sesampainya di DODIK (sore hari), pembagian kompi dan pleton, saya berada di Kompi I pleton 3. Seluruh peserta jumlahnya 279 orang, dibagi menjadi 3 kompi dan 3 pleton tiap-tiap kompinya. Kompi I memakai pita merah di lengan sebelah kiri, kompi II warna orange, dan kompi III warna biru muda. Malamnya pembagian Barak, saya menempati Barak I Putri Oerip. Barak untuk putri ada II ruang.

Jum'at, 3 Desember 2010
Semalam ada piket jaga malam, saya dapat piket pada jam 00.00 - 01.00. Jam 4 pagi harus sudah bangun, sholat subuh, trus melaksanakan senam pagi. Jam 06.00 mandi dan persiapan makan pagi. Setelah itu melaksanakan Upaca Pembukaan Orientasi CPNS Badan Pengembangan SDM Perhubungan Tahun 2010.

Sabtu, 4 Desember 2010

Minggu, 5 Desember 2010
Hari minggu tidak terlalu banyak kegiatan, kita semua melaksanakan olahraga umum (bebas), sedangkan untuk yang nasraninya melaksanakan ibadah keluar dari DODIK BELA NEGARA.
Senin, 6 Desember 2010
Malamnya tidak ada kegiatan dikarenakan hujan deras.

Selasa, 7 Desember 2010
Senam pagi jam 05.00, mandi jam 06.00, sarapan jam 07.00, selesai sarapan melaksanakan apel pagi, selesainya kami kompi I belajar menjadi petugas upacara, kompi II IMPK (Ilmu Mempelajari Peta dan Kompas), kompi III melaksanakan Out Bond. 
Malamnya kompi I, II, dan III melaksanakan Caraka Malam. Untuk Putri dibagi tiap-tiap kelompok terdiri dari 3 orang, sedangkan untuk Putra dibagi tiap-tiap kelompok terdiri dari 2 orang. Tiap kelompok diberi berita rahasia yang berbeda, dan harus menghafalkannya. Saya mendapatkan berita rahasia no. 5 yang isinya " Suatu kesatuan/instansi yang menjunjung tinggi integritas dan nilai-nilai moral, sekecil apapun pelanggaran terhadap suatu aturan atau etika profesionalisme, harus mendapatkan tindakan secara tegas". Pada saat perjalanan berita  rahasia tersebut tidak boleh dibongkar kepada siapa pun kecuali pada posko terakhir. Perjalanan dimulai dari jam 22.00 sampai 03.30.Selama perjalanan tidak boleh membawa alat penerang, sedangkan perjalanannya melewati sawah-sawah, kebun, hutan, dan terakhir melewati kuburan. Sebelum berangkat kami sudah diberi 2 kata sandi. Saat di posko pertama (posko meraba), kami disuruh meraba sesuatu di dalam ember yang berisi air. Di posko kedua( posko penciuman), kami disuruh mencium ada 3 buah kantong pelastik yang sudah disediakan. Sebelum tiba di posko terakhir, kami melewati kuburan muslim penduduk setempat. Setelah itu baru tiba di posko terakhir, kami disuruh menyampaikan berita rahasia tersebut, untungnya masih pada hafal. Caraka Malam ini berguna untuk bagaimana kita bisa menyampaikan informasi dengan benar, walaupun sudah melewati tantangan yang cukup berat, dan tanpa memberitahukan berita tersebut kepada orang lain.

Rabu, 8 Desember 2010
Kompi I melaksanakan IMPK, Kompi II melaksanakan Out Bond, Kompi III belajar menjadi petugas Upacara.
Kami yang kompi I, sebelum diberangkatkan diberi sedikit materi tentang mempelajari peta dan kompas. Sebelumnya kami dibagi menjadi 10 kelompok yang terdiri dari 10 orang tiap kelompok. Kami diberi 9 titik koordinat, tiap kelompok ganjil dan genap berbeda-beda titik koordinatnya. Kami harus mencari tanda yang terletak pada titik koordinat yang diberikan kepada kami, dan jangan sampai mengambil tanda yang titik koordinatnya adalah milik kelompok lain. 
Setelah melaksanakan pencarian tanda disetiap titik koordinat yang diberikan pada kelompok kami, saatnya kami disuruh pulang dengan melihat posisi kami di peta dan kompas, setelah itu kami disuruh mencari jalan pulang tanpa dipandu sama pelatihnya. Perjalanannya sungguh susah, melewati sungai dan hutan, membuat jalan baru, jalan yang sangat terjal, mendaki pokoke capek buanget. Untungnya kami semua gak nyasar dan bisa kembali ke DODIK BELA NEGARA.
Malamnya kompi I, II, dan III melaksanakan Solo Time di Aula. Kami disuruh ngambil jarak 1 meter dari peserta lain, lampu semua dimatikan, dan kami disuruh menyalakan lilin, dan menjawab pertanyaan seputar diri pribadi di 2 lembar kertas, pertanyaannya ada 9 buah.

Kamis, 9 Desember 2010
Kompi I melaksanakan Out Bond, Kompi II belajar menjadi petugas upacara, Kompi III melaksanakan IMPK.
Kami kompi I dibagi menjadi 10 kelompok, 10 orang ditiap-tiap kelompoknya. Tiap kelompok harus menentukan ketua kelompok dan harus menyelesaikan 5 permainan dan diberikan nilai. Pertama ,memasukkan bola ke lobang, yang bolanya ditaruh dalam sebuah kotak dan diberi beberapa penghambat, dan kami harus bisa mengelindingkan bola ke arah lobang, dan bola harus jatuh tepat dalam sebuah tabung yang berada dibawahnya. Kedua, melewati jaring-jaring tanpa menyentuh tali, setiap satu jaring hanya boleh dilewati satu peserta. Ketiga, memindahkan bola dari tabung satu ke tabung dua, dengan mengikatkan tali pada peserta  dan bola. Ketiga menggeser ember yang berisi air diatas besi, yang berbentuk horizontal dan menahannya dengan ujung bambu agar tidak terjatuh. Kelima salah satu dari kelompok harus melewati 3 ring besar tanpa menyentuh ring tersebut.
Setelah itu ada permainan personal, yaitu playing fox, manjat di jaring-jaring, turun tebing dan melintasi seutas tali.
Malamnya, kompi I, II, dan III melaksanakan acara malam keakraban dengan menyalakan api unggun, dan makan sate daging kambing, bernyanyi dan menari. Setelah itu, kami semua disuruh ke Aula untuk pembagian surat perintah tugas penempatan sementara dan kaos lengan panjang.

Jum'at, 10 Desember 2010
Kami semua setelah melaksanakan apel pagi dan upacara gladi penutupan, kami semua disuruh merayap, guling-guling di aspal, dan jalan jongkok, setelah itu yang putrinya dipandu melewati sawah-sawah, setelah melewati sungai kami semua direndam lalu dipandu pulang lagi ke DODIK BELA NEGARA. Setelah sampai di lapangan, kami diberi makan snack siang. Setelah yang putranya juga sampai di lapangan, tidak lama kemudian kami melaksanakan upacara penutupan Orientasi CPNS BP SDM Perhubungan Tahun 2010. Dan ditutup pertunjukan yel-yel tiap kompi. Trus persiapan barang-barang untuk pulang, makan siang, dan berkumpul di Aula untuk pembagian bus, pamitan dengan pak Pelatih. Habis tuh..,, met tinggal Dodik Bela Negara...,, Semoga pelajaran yang kami dapatkan selama 8 hari, dapat kami terapkan nanti saat kerja. Amin.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar